PENINGKATAN DIRI MELALUI SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS

lipi(HUMAS MAN 10) Selasa, 7 Maret 2017. Seminar sehari yang diselenggarakan oleh ITSF ( Indonesia Toray Science Foundation), telah diikuti oleh salah satu guru kimia MAN 10 yaitu ibu Yuliana Dwi Asworo,S.Pd pada hari ini. Seminar dilaksanakan di Balai Kartini Ruang Anggrek ,Jl. Jendral Gatot Subroto Kav .37 Jakarta dengan pembicara Dr. Eng. Agus Haryono ( LIPI & Komite seleksi science Education Award). Araca dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 dan peserta yang terlibat sebanyak 60 orang peserta. Tema yang di usung dalam acara tersebut adalah “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sains melalui Metode Pengajaran Sains Kreatif”.

Acara pertama adalah pembukaan seminar yang disampaikan oleh Dr. Hasanudin Abdurakhman ( Manager ITSF), menjelasan tentang ITSF . Dalam materinya beliau berpesan bahwa sebagai guru yang mengajar sains, haruslah bisa membangkitkan daya analisis siswa agar dapat bersaing dengan negara lain. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tentang pengajaran sains yang inovatif dan kreatif oleh bapak Dr, Eng, Agus Haryono. Setelah itu bapak Dr, Suprananto, M.Ed dari Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang, Kemdikbud, yang membahas tentang Mutu Pendidikan Sains Indonesia ditinjau dari Hasil Ujian Nasional dan Survey Internasional.

Dalam seminar tersebut tidak hanya mengundang  pembicara , tapi juga menampilkan beberapa orang yang menjadi juara lomba Science Education Award tahun 2016 dari seluruh Indonesia. Mereka telah mengajar dengan kreatif karena mengembangkan media dan alat pembelajaran yang inovatif. Mereka adalah Addul Hadi,M.P.Kim (MTsN Banjar Selatan 2 Kalimantan), Drs. BudiyantoSoeryono, M.Pd ( SMAN 1 Sutojayan, Blitar, Jawa Timur), Diah Mayasari,M.Pd ( SMPN 3 Margahayu, Jawa Barat), Herry Setyawan,S.Pd,M.Si (SMAN 2 Sarolangun, Jambi), Mulyanto (SMPN 12 Mukomuko , Bengkulu), Nurul Hidayah, S,Pd M,Si (SMAN 1 Cisarua, Jawa Barat, Peri Oktiarmi, M.Pd ( SMAN 3  Kota Jambi), Rasmadi, M.Pd (SMPN 1 Bubulan Bojonegoro, Jawa Barat), Rohadi, S.Pd,M.Pd (SMAN 1 Sukorejo, Jawa Tengah) dan Zainal Abidin ,S.Pd (SMAN 3 Bandar Lampung).

Peserta yang hadir termasuk sepuluh peserta yang presentasi, adalah sekitar 60 orang yang berasal tidak hanya dari jakarta saja tetapi dari wilayah Bandung dan Banten, yaitu guru SMP dan SMA serta MAN . Untuk kalangan madrasah sebdiri selain MAN 10 , MAN 11 dan MAN 22 ada juga guru MAN 2 Serang, serta peserta dari MTsN 24 Jakarta. Mereka bisa mengikuti acara seminar tersebut dengan cara mendaftar secara online ke web ITSF untuk khusus guru sains, kemudian mereka diundang via email. Semoga ini adalah sebuah informasi yang bermanfaat bagi guru sains lainnya yang belum bergabung. Karena untuk mengembangkan  diri kita butuh wadah dalam meningkatkan pengetahuan kita sebagai guru. Para siswa membutuhkan guru yang kreatif dalam belajar dan guru butuh ilmu dan informasi ,untuk bisa menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *