MENGAWAL PERSIAPAN UJIAN DENGAN KEGIATAN MUHASABAH DAN MOTIVASI BAGI SISWA KELAS XII

motivasi kelas xii(HUMAS MAN 10) Kamis, 9 Maret 2017. Ujian bagi kelas XII tinggal menghitung hari, tak terasa 4 ( empat) hari lagi mereka akan menghadapi ujian madrasah, ujian sekolah, ujian sekolah berstandar nasional dan ujian madrasah berstandar nasional mulai dari tanggal 15 Maret sampai dengan 24 Maret 2017. Setelah itu dua minggu kemudian mereka akan menghadapi soal ujian nasional berbasis computer yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 April 2017. Hal inilah yang mendasari pihak Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta dalam mengadakan kegiatan muhasabah dan motivasi bagi siswa kelas XII. Kegiatan dilaksanakan di masjid Darul Hikmah yang letaknya berhadapan dengan MAN 10. Peserta yang hadir tidak hanya para siswa saja, tetapi juga mengundang orang tua siswa untuk ikut terlibat dalam acara tersebut. Acara di buka oleh pembawa acara Drs. Abdul hamid (Wakil bidang Sarpras) dengan membaca basmalah dan dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah agar kegiatan dapat berjalan lancar. Pembukaan dimulai dari pukul 08.30 ,kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh ibu Titin Mulyanti (Wakahumas) . Dalam laporannya disampaikan mengenai kegiatan try out bagi siswa yang telah dilaksanakan sebanyak 6 kali mulai dari bulan Nopember 2016 hingga tanggal 13,14 Maret 2017 nanti. Diinformasikan pula kegiatan yang telah berlangsung seperti pemberian motivasi tentang kiat mengerjakan soal ujian nasional dan motivasi yang akan diberikan hari ini tentang kiat masuk perguruan tinggi negeri, dimana sebelumnya MAN 10 telah melaksanakan kegiatan Expo pendidikan yang memberi gambaran pada siswa mengenai macam jurusan yang terdapat di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Laporan yang terakhir adalah informasi ujian-ujian yang akan dihadapi siswa.

Selanjutnya kepala MAN 10 (A. Sarpandadi,M.Pd) memberikan sambutannya dengan menyampaikan pesan pada orang tua siswa dan para siswa agar menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam belajar. Para orang tua harus memperhatikan gizi anak-anak mereka karena ini adalah bagian dari ikhtiar fisik yang harus dilakukan di rumah.Sebagai gambaran disampaikan bahwa siswa lulusan angkatan 2014-2015 yang diterima di perguruan tinggi mengalami peningkatan sekitar 21% di angkatan tahun berikutnya yaitu siswa lulusan tahun 2015-2016. Diharapkan dengan semangat yang terus dibina untuk siswa angkatan 2016-2017 ini bisa lebih meningkat lagi. Untuk itu tujuan kegiatan muhasabah dan miotivasi diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh bapak Muhamad Amin tentang kiat mendapatkan perguruan tinggi negeri . Disampaikan oleh beliau bahwa anak yang sukses terlihat dari 5 tahun sebelumnya dengan ciri di wajah mereka selalu tersenyum. Untuk itu ketika ujian sudah dekat tidak perlu khawatir dengan menunjukan muka kusut maka tetaplah tersenyum karena selain senyum itu ibadah juga sebagai tanda semangat dalam hidup. Yang paling penting bagi siswa adalah perlunya menjaga sikap ,karena sepintar apapun,sebagus apapun nilai ,bila memiliki sikap kurang baik akan sangat berdampak dalam kehidupan nantinya. Disarankan pula agar para siswa dan orang tua hendaknya melakukan diskusi ketika memilih perguruan tinggi atau jurusan yang tepat agar dalam menjalankan studinya bias dilalui dengan penuh kesungguhan. Memilih program ikatan dinas adalah salah satu alternative yang bias dibicarakan. Bagi siswa yang kurang mampu tidak perlu berkecil hati, asal mau belajar, banyak cara seperti ikut program bidik misi yang bias diurus di sekolah asal. Pesan yang terpenting adalah para siswa harus memiliki mimpi setinggi-tingginya agar memiliki arah dalam langkah mereka dalam meraih mimpi yang menjadi cita-cita mereka.

Kegiatan hari ini ditutup dengan muhasabah dengan bimbingan Drs. A. Rifa’I (Waka kesiswaan) ,yang mengajak  para siswa dan orang tua untuk berzikir bersama, menyampaikan sholawat nabi dan menggugah hati siswa yang kemudian saat itu mereka menemui orang tua mereka masing-masing untuk meminta maaf dan ridho mereka agar dalam menjalankan ujian yang mereka hadapi, diberi kemudahan. Segala upaya telah dilakukan oleh pihak MAN 10 ,baik pendalaman materi, kesiapan tempat dan kondisi ruang, kesiapan naskah soal hingga kesiapan mereka secara mental yang khusus dilaksanakan hari ini. Semoga apa-apa yang telah diupayakan menjadi bentuk ibadah dan ikhtiar baik pihak sekolah maupun para siswa itu sendiri.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *