MENBUAT PETA KONSEP DALAM KEGIATAN LITERASI DI BULAN MARET 2017

peta konsep(HUMAS MAN 10) Senin, 6 Maret 2017. Pagi ini cuaca sangat cerah ketika seluruh siswa MAN 10 berkumpul di lapangan sekolah untuk melaksanakan kegiatan literasi . Topik dari acara tersebut adalah membuat peta konsep dari buku non fiksi secara individu dengan pemandu acara adalah ketua tim literasi MAN 10, ibu Yuliyanah ,S.Pd. Pembawa acara adalah bapak M.Yusuf, S.Pd (Pembina OSIS) yang membuka acara, mengarahkan dan menutup acara pagi itu.

Kegiatan literasi dimulai dari pukul 6.30 hingga pukul 7.15 pada hari senin di  minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Pagi itu acara di mulai dengan membaca buku yang mereka bawa seperti yang telah di informasikan oleh tim literasi pada hari Jum’at lalu. Activitas membaca dilakukan selama 20 (dua puluh ) menit , kemudian sekitar 10 (sepuluh) menit para siswa dikondisikan duduk melingkar dalam kelompoknya untuk membuat peta konsep. Tujuan dari duduk secara berkelompok adalah agar para siswa bisa saling memberi informasi atau saling berbagi pengetahuan  antara mereka. Untuk itu pengaturan kelompok dilakukan oleh tim literasi. Dalam kelompok terdiri dari 6 sampai 8 orang siswa yang berasal dari kelas X,XI dan XII. Diharapkan dari kegiatan tersebut mereka saling memberi masukan satu sama lainnya.

Menurut ketua tim literasi, program literasi memiliki tujuan tidak hanya pembiasaan membaca yang mereka dapatkan tapi juga mengajarkan untuk saling menghargai , saling menyayangi dan mempunyai rasa tanggung jawab. Tentu saja dengan bergabungnya tiga tingkatan kelas dalam satu kelompok, membuat siswa yang duduk di kelas XII akan dengan penuh tanggung jawab memberikan arahan pada siswa kelas X atau XI. Ini adalah bentuk tutor sebaya yang diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran. Membuat peta konsep  membutuhkan kreatifitas siswa dalam mengaplikasikan apa yang telah mereka dapatkan ketika mereka membaca. Sehingga semua informasi yang didapat tertuang secara ringkas dan lebih mudah dalam memahami. Membuat peta konsep  dapat  dilakukan di mata pelajaran yang mereka pelajari di kelas. Dengan pemahaman yang lebih mudah mereka dapatkan, akan berimbas pada prestasi siswa itu sendiri.

Kegiatan pagi itu ditutup dengan sholat dhuha bersama yang dilakukan secara tertib dan bersholawat bersama sebelum seluruh siswa masuk kelas untuk melaksanakan aktivitas kegiatan belajar mengajar.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *