MARI BERJIHAD MENEGAKKAN KEBENARAN

menegakkan kebenaran(HUMAS MAN 10) Jum’at,3 Februari 2017. Tema kajian kitab kuning kali ini adalah Menegakkan kebenaran  yang disampaikan oleh bapak M.Ridwan Arifin S.PdI ,mulai pukul 6.30 sampai dengan 7.30. Seperti biasa kegiatan ini diikuti oleh para siswa dan guru, bertempat dihalaman sekolah. Tema yang diambil kali ini sesuai dengan kebutuhan para siswa akan informasi sebagai pijakan dalam mengambil sikap ketika mereka ada dalam lingkungan baik di sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

Disampaikan bahwa sulit sekali dizaman sekarang ini untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Tak bisa dipungkiri, ini adalah tanda akhir zaman, yang benar menjadi salah dan yang salah menjadi benar. Sungguh berat tugas kita sebagai seorang muslim yang baik yang menyampaikan hal yang benar, membutuhkan keberanian untuk menanggung segala resiko dari yang kita sampaikan.

Dalam hal ini, pemateri menyampaikan bahwa ada tiga cara seorang muslim untuk mengambil sikap ketika kita menyaksikan kezoliman. Pertama adalah dengan sikap kita coba mengingatkan orang yang telah melakukan kesalahan . Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan , seseorang perlu diberi sikap yang seharusnya  yaitu dengan memberi contoh .Maka, bila tidak bisa diingatkan kita lakukan cara yang kedua yaitu dengan mencoba menegur  saudara kita bila mereka melakukan hal yang tidak benar. Memang resiko dari menyampaikan yang benar pasti akan ada perlawanan atau penyangkalan atau bahkan lebih fatal lagi fakta yang ada akan diputar balikan. Yang ketiga adalah, kita mendo’akan saudara kita bila dengan sikap tak bisa diubah, dengan teguran secara lisan pun tak mau berubah, maka sebagai muslim yang baik  tak ada kata menyerah untuk melakukan hal yang benar. Kita coba dengan mendo’akan karena selemah-lemahnya usaha kita hanya do’a yang bisa kita panjatkan agar keburukan yang ada di depan kita akan merubah menjadi suatu kebaikan. Merubah seseorang tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Untuk itulah dibutuhkan suatu usaha yang gigih dan kesungguhan dalam menjalankannya. Itulah pesan yang disampaikan oleh pemateri dalam kegiatan kajian kitab kuning.

Kegiatan diakhiri dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh siswa dan ditutup dengan do’a dan sholat dhuha.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *