LATIHAN MEMBUAT TANDU DAN TALI TEMALI DI KEGIATAN PRAMUKA

pramuka

(HUMAS MAN 10) Rabu, 1 Maret 2017. Setiap hari rabu selepas jam pembelajaran di kelas , para siswa kelas X melaksanakan latihan pramuka dengan kakak pembina kelas XI dan XII. Kali ini materi yang akan mereka pelajari adalah bagaimana membuat tandu pramuka. Kegiatan latihan dimulai dari jam 14.45 sampai dengan 17.00. Pelatih pramuka yang selalu setia mendampingi kegiatan kepramukaan adalah alumni MAN 10 yang bernama Ahmad Gauzie.

Kegiatan pramuka dimulai dengan upacara persiapan dan pengarahan dari kakak pembina yaitu bapak Nimun, M.Ag dan ibu Indri Sutandari, S.Pd. Dalam pengarahannya disampaikan agar para siswa tetap semangat berlatih meskipun dalam cuaca yang kurang mendukung akhir-akhir ini. Dibutuhkan sebuah komitmen untuk menjadi seorang penegak. Berlatih untuk disiplin sebagai bekal kehidupan kelak karena sikap disiplin tidaklah bisa diwujudkan bila kita tidak membiasakan diri sejak dini.

Setelah upacara para siswa melaksanakan sholat Ashar berjamaah sekitar 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya yaitu berlatih membuat tandu. Sore hari ini cuaca kurang mendukung untuk melaksanakan latihan di lapangan, maka pembinapun memutuskan untuk melakukan kegiatan mereka di dalam kelas dengan membagi siswa berkelompok. Para siswa antusias melakukan kegiatan tersebut. Mereka memperhatikan kakak  kelas yang memberikan pengarahan dan panduan dalam meracang sebuah tandu.

Pramuka adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Banyak program yang telah dirancang oleh pembina dalam melaksanakan kegiatan selama setahun. Untuk para siswa kelas X memang kegiatan pramuka sifatnya wajib sebagai sebuah pembekalan, sementara bagi siswa kelas XI dan XII , mereka membantu pembina dalam melatih dan mencapai program yang  telah dirancang untuk satu tahun kedepan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *