KEGIATAN WORKSHOP PENILAIAN DAN PEMBUATAN SOAL HOTS

workshop

(HUMAS MAN 10) Selasa, 31 Januari 2017.Peningkatan mutu sumber daya manusia terus dilakukan khususnya di MAN 10. Oleh karena itu salah satu program dari bidang kurikulum adalah mengadakan workshop dengan tema Penilaian Kurikulum 2013 dan Pembuatan Soal. Narasumber nya adalah ibu Dra. Zubaidah,M.Pd guru Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Jakarta. Peserta workshop sebanyak 30 orang tenaga pendidik MAN 10. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pemahaman bentuk-bentuk penilaian di dalam kurikulum 2013 revisi dan bagaimana menyusun soal yang baik untuk ulangan harian,ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Kegiatan dibuka oleh kepala Madrasah Aliyah Negeri 10 ,bapak A. Sarpandadi,M.Pd, dengan pesannya bahwa peningkatan kemampuan diri itu penting untuk bisa mengembangkan dan memberi pembekalan yang tepat bagi para siswa. Untuk itu kehadiran para peserta workshop sangat diharapkan tetap konsisten hingga acara berakhir. Acara dimulai dari pukul 10.10 hingga pukul 17.00 di ruang multimedia MAN 10 Jakarta.

Acara dilanjutkan oleh pemateri dengan menyampaian beberapa peraturan pemerintah kaitan dengan penilaian seperti permen no :53 tahun 2015 dan permen no.23 tahun 2016. Kemudian disampaikan pula beberapa revisi yang terdapat didalam kurikulum 2013. Pengetahuan tersebut memang sangat diperlukan oleh peserta agar bisa mengikuti perkembangan kebijakan, sehingga dalam memperlakukan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat menyesuaikan dengan informasi terkini.

Materi kedua disampaikan setelah istirahat sholat zuhur, yaitu tentang bagaimana menulis soal type HOTS (Higher Order Thinking Skills). Dalam penyampaiannya banyak memberikan contoh nyata sehingga mudah dipahami oleh peserta (guru) . Terlihat dari  banyaknya pertanyaan yang diberikan peserta. Kegiatanpun seharian didampingi oleh kepala Madrasah dengan penuh perhatian.

Begitu besar perhatian pimpinan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para guru, sehingga programpun disesuaikan dengan  kebutuhan para pendidik terutama kebutuhan yang paling vital dalam pembelajaran. Mengajar tidak hanya mentransfer ilmu dari guru kepada siswa, tapi bagaimana setelah pemberian materi tersebut  sangatlah  perlu diperhatikan. Kelemahan dalam penilaian yang mungkin akan berakibat fatal seandainya sang pendidik tidak memahami bagaimana melakukan penilaian yang tepat dan bagaimana menyusun soal yang baik, sehingga kebutuhan siswa tercukupi.

Kegiatan diakhiri dengan mempraktekan bagaimana menulis dan menyusun soal HOTS secara berkelompok perumpun. Peserta terbagi dalam rumpun bahasa ,seni dan olah raga (bahasa Indonesia,bahasa Inggris , bahasa Arab, seni budaya dan penjaskes), rumpun IPA ( matematika, fisika, biologi, Kimia),rumpun IPS (Sejarah,sosiologi,geografi,ekonomi dan PPKN) dan rumpun agama (fiqih,aqidah ahlak,Qur’an hadist,tafsir ,ilmu kalam dan SKI) . Setelah membuat soal HOTS di masing-masing rumpun, diharapkan peserta bisa mempresentasikan soal yang telah dibuat dan di bahas bersama, namun karena keterbatasan waktu, sehingga waktu presentasi akan di jadwalkan kembali untuk pertemuan berikutnya. Rasa ingin tahu yang besar membuat para peserta semangat melakukan kegiatan tersebut hingga waktu berakhir. Semoga semangat dari para guru seiring dengan semangat melakukan perubahan dalam diri pribadi masing-masing untuk berbuat lebih baik dan lebih bermanfaat bagi peserta didik .

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *